Melanjutkan artikel saya mengenai perulangan, kemarin saya sudah bahas mengenai perulangan while dan do while. Lalu pada artikel kali ini saya akan menyelesaikannya dengan membahas perulangan for. Perulangan for adalah perulangan yang sudah diketahui jumlah banyaknya perintah akan diulang. Seperti biasa, langsung saja kita lihat scriptnya


/*
 * Perulangan_For.cpp
 *
 * Created: 03/01/2016 12:01:23
 *  Author: Diaz
 */


#include <avr/io.h>
#include <util/delay.h>

int main(void)
{
    DDRA=0xff;            // Menjadikan PORTA sebagai output
    PORTA=0xff;            // Menjadikan PORTA sebagai output dengan default berlogika 1
   
    char a;
 
        for (a=1;a<=5;a++)
        {
                    PORTA=0x00;        // Led di PORTB menyala semua
                    _delay_ms(500);    // Jeda 500ms
                    PORTA=0xff;        // Led di PORTB mati semua
                    _delay_ms(500);    // Jeda 500ms
        }
        
   
}

Perlu diperhatikan, karna biasanya kita saat membuat project baru di atmel studio kita memasukkan perintah didalam while. Nah, kali ini jangan lupa untuk menghapus pengulangan while tersebut dan kita buat pengulangan for, karna jika kita memasukkan pengulangan for didalam while (1) maka perintah tersebut akan selalu benar dan akan selalu terulang.

Penulisan dari pengulangan for adalah:

for(inisialisasi;syarat;perubahan)
{isi perintah}

Contoh diatas saya buat dengan Inisialisasi awal (a sama dengan 1) syarat (script berjalan selama a<=5) dan Perubahan (a selalu bertambah setiap selesai eksekusi program). Sehingga jika program dijalankan, akan menyalakan dan mematikan led sebanyak 5x.


Sama seperti contoh sebelumnya, setiap pembuktian perintah menggunakan 1 PORT (8bit) sebagai pembuktiannya, dan script tersebut saya buat menggunakan Atmel Studio 6 + AVRGCC dan Proteus

Saya sarankan untuk menulis ulang semua script tersebut secara manual, agar kalian lebih cepat menghafal dan memahami script tersebut. Namun jika mendapat kesulitan, saya sediakan file script beserta file proteusnya yang dapat didownload di sini

Sayapun disini masih belajar sehingga belum tentu benar mengenai semua yang  saya jabarkan diatas, jika ada yang merasa janggal atau merasa ada kesalahan dalam penjabaran saya, bisa kita diskusikan dikomentar.

Good Luck!

Related Post :