Kali ini saya akan memberikan sedikit cara memeriksa kerusakan speaker handphone. Terkadang banyak orang yang tidak mengerti cara menggunakan handphone dengan baik, sehingga speaker yang sebetulnya tidak rusak, tapi dianggap rusak. Berikut adalah cara memeriksanya

  ·         Pinjamlah handphone teman atau keluarga anda 1 buah
  ·         Telponlah kehandphone tersebut, buat volume menjadi maximal terlebih dahulu, dengan cara biasanya terdapat tombol volume, atau menekan tombol atas danbawah atau kiri dan kanan.
  ·         Jika handphone yang tidak rusak sudah menerima panggilan tapi dihandphone anda tidak ada suara nada sambung, dipastikan speaker kecil anda atau receiver rusak, lalu anda buat handphone anda menggunakan loud speaker atau speaker besar, jika tidak ada nada sambung juga, berarti loud speaker andapun rusak.
  ·         Untuk mengetes bagian mic, gunakan fitur rekaman suara jika ada. Jika fitur rekaman suara berfungsi dengan baik, maka mic dipastikan baik. Jika tidak terdapat fitur tersebut, coba telpon ke handphone lain, dan biarkan anda berbicara sendiri, apakah lawan bicara dapat mendengar anda. Jika bisa berarti mic dalam keadaan baik, dan jika tidak bisa mendengar suara anda, berarti mic anda rusak.

Lalu bagaimana jika memang speaker atau mic kita sudah terbukti rusak? Anda harus bongkar, lalu coba dibersihkan dulu setiap konektornya, kalau belum berhasil, coba ganti komponen tersebut.

Penggantian komponen maupun software ulang bukanlah solusi yang berlaku untuk semua masalah, karna terkadang bisa juga ada jalur atau komponen yang rusak yang menyebabkan tidak berfungsinya speaker maupun mic.

Related Post :