Kali ini saya akan bahas mengenai cara memilih judul artikel yang menarik. Kenapa hal ini perlu dipelajari? Karna judul artikel atau post adalah salah satu kata kunci dan pendukung SEO, agar mendapat pengunjung haruslah menggunakan judul yang menarik.

Semisal contoh, kalau ada dua judul artikel yaitu "Tips Merawat Motor Agar Awet" dan "Merawat Motor" mana artikel yang akan anda baca duluan? kemungkinan besar anda akan memilih artikel yang pertama, karna dari judulnya pun lebih menarik bukan? Maka dari itu, berikut adalah beberapa tips dari saya untuk pemilihan judul posting / artikel

1. Sesuaikan judul artikel dengan isi
Ini bertujuan agar tidak kecewanya pengunjung blog anda. Karna isi dan judul cocok. Sebetulnya bisa saja kita menarik pengunjung dengan cara memberi judul yang sangat populer, sedangkan isinya tidak berhubungan dengan judul tersebut. Tapi cara ini adalah cara yang salah, dan kalau saya sendiri mengunjungi blog yang menggunakan cara curang tersebut, saya langsung tutup halaman tersebut.

2. Sesuaikan tingkatan materi tersebut
Maksudnya, artikel tersebut membahas secara umum atau spesifik. Misalnya "Cara Merawat Karburator Motor" dan "Cara Merawat Karburator Vakum". Kedua judul diatas sama - sama membahas cara merawat kakburator motor. Tapi judul yang kedua lebih spesifik. Terkadang ada orang yang menggunakan kata kunci lebih spesifik dalam mencari artikel. Sehingga kemungkinan anda mendapat pengunjung lebih besar juga jika judul artikel anda dan pengunjung sama percis, yaitu sama - sama spesifik.

3. Menggunakan Angka
Ada yang bilang sih, kalau menggunakan angka menjadi lebih menarik, misal "7 Tips dalam blogging"

4. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Tidak disarankan menggunakan bahasa daerah, karna menurut saya, jarang digunakan dalam kata pencarian.

5.Gunakan patokan waktu
Misal ada judul "Raih 1 Juta Rupiah Dalam 1 Bulan" dan "Cara Mendapatkan Uang 1 Juta Rupiah". Nah, disini pada judul artikel yang pertama menggunakan waktu 1 bulaln untuk mendapat 1 juta rupiah. Sehingga pengunjung akan tertarik membaca artikel tersebut, dibandingkan judul yang biasa - biasa saja.

6. Sebutkan inti atau kelebihan dari artikel tersebut
Misal ada judul "Raih Keuntungan Dari Handphone Anda". Nah disini terdapat judul yang cukup unik dan menarik, kenapa handphone bisa menghasilkan uang?? inti dari artikel tersebut ialah, bagaimana menghasilkan uang dari handphone anda, sehingga ada kemungkinan mendapat mengunjung dengan judul yang cukup unik atau menarik.

Saya rasa segitu dulu tipsnya, saya juga sudah cape ngetik artikel ini dari tadi :v :v 

Related Post :